Selasa, 18 September 2012

Ular

Ball Python, Ular yang Mulai Banyak Dipelihara

Saat ini sudah cukup banyak orang yang tertarik untuk memelihara ular. Salah satu jenis ular yang banyak dipelihara adalah Ball python. Ular jenis ball python ini memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya banyak diminati sebagai peliharaan. Selain karena warna dan corak ball python yang cantik dan unik, ukurannya pun tergolong pendek jika dibandingkan dengan ukuran python jenis yang lain. Selain itu, cara perawatan dan pemeliharaan ball python juga relatif mudah dan tidak rumit.

Sesuai namanya, ular ini sangat suka menggulung badan membentuk bola dengan menaruh kepalanya ditengah sebagai bentuk suatu pertahanan. Jika anda tertarik untuk memelihara ular, tidak ada salahnya untuk mencoba memelihara ular ball python ini. Berikut adalah beberapa keunggulan ular ball python jika dibanding ular python lain atau ular jenis yang lain

Ukuran Ball Python tidak terlalu besar
Ball python Dewasa berukuran antar 130cm-180cm. Ukuran ini tentunya jauh lebih kecil dibanding ular python reticulatus atau molurus yang ukurannya bisa mencapai beberapa meter. Di alam liar ular jenis ini biasanya berukuran 140cm dan sangatlah jarang ditemukan ball python liar yang mempunyai ukuran lebih besar dari 140cm. Sebagai hewan peliharaan manusia, ball pyhon mengalami pertumbuhan sekitar 35cm tiap tahun di awal tiga tahun pertama, setelah 3 tahun pertumbuhan akan menurun bahkan berhenti.

Ball Python mempunyai umur yang relatif lama
Umur ball pyhon relatif lama, mereka bisa hidup sekitar 20 tahun, bahkan jika dirawat dengan baik mereka bisa hidup sampai 30 tahun bahkan mungkin lebih.

Corak dan Warna Beragam
Ada banyak motif dan corak yang tersedia pada saat ini. Sedangkan untuk standard ball phyton mempunyai warna coklat dengan warna sedikit terang, dipengaruhi titik hitam, warna bagian perut biasanya berwarna putih atau abu abu sedikit terang.

Kandang untuk Ball Python tidaklah rumit
Kandang untuk ball python tidaklah terlalu rumit, kotak kontainer dengan lubang ventilasi sudah cukup nyaman untuk ball python. Kontainer untuk ball python dewasa idealnya memiliki volume kurang lebih 40 Galon (97x46x40cm), sementara utuk ball python yang masih bayi cukup sediakan dengan ukuran setengahnya. Anda harus benar-benar mengecek tutup kontainernya karena ball python sangat pintar melarikan diri.
Sumber: http://www.peliharaan.web.id/2012/03/ball-python-ular-yang-mulai-banyak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar