Selasa, 18 September 2012

Hamster

Cara Merawat Anakan Hamster

Merawat anak hamster adalah bukan pekerjaan yang sulit. Apalagi jika dilakukan dengan benar, dan maka anak hamster akan lekas tumbuh & dapat segera dipisahkan dari induknya. Bayi hamster sangat rentan, dan bukan itu saja, induk hamster bahkan bisa membunuh bayi hamster yang masih lemah tersebut.
Namun demikian, beberapa tips dasar perlu anda ketahui supaya anak hamster bisa tumbuh baik hingga dewasa.

1. Keluarkan mainan berbahaya dari kandang
Keluarkan dahulu mainan berbahaya termasuk roda hamster. Karena anak hamster dapat terjepit di bawah roda saat mereka mengeksplorasi kandang.
Mudah kan?

2. Tidak mengganggu induk hamster yang baru melahirkan
Tunda membersihkan kandang saat induk hamster baru melahirkan. Gangguan pada kandang akan dianggap induk hamster sebagai ancaman. Dan induk yang stres bisa secara tidak sengaja membunuh anak-anaknya sendiri.Tempatkan pula makanan dan minuman dengan hati-hati agar induk hamster tidak merasa terganggu.

3. Sediakan cukup pakan
Pastikan induk hamster mendapatkan cukup makanan dan air. Induk hamster harus menyusui anak-anaknya sehingga pasokan pakan yang cukup akan membuat anak hamster tumbuh sehat. Saat sedang merawat anak-anaknya, beri induk hamster makanan tinggi protein seperti telur rebus.

4. Awasi perkembangan anak hamster
Awasi perkembangan anak hamster dari waktu ke waktu. Namun hati-hati, jangan sampai induk hamster merasa terganggu.

5. Beri anak hamster makanan padat
Sebarkan makanan di dasar kandang. Makanan yang diletakkan di mangkuk akan menyulitkan bayi hamster untuk meraihnya. Setelah disapih dari induknya, anak hamster harus sudah terbiasa mendapatkan makanan padat. Anak hamster bisa diberi berbagai makanan dari pelet, wortel, selada, mentimun, dan makanan lain.

6. Sediakan mangkuk air yang rendah
Beri tempat air yang rendah agar anak hamster dapat menjangkaunya dengan mudah.
Tempat air yang terlalu dalam juga dapat membuat anak hamster tercebur kedalamnya yang dapat berakibat fatal.

7. Bersihkan kandang
Setelah anak hamster berusia sekitar dua minggu, membersihkan kandang harus dilakukan secara bertahap – satu sisi kandang pada suatu waktu – untuk meminimalkan gangguan pada keluarga hamster.

8. Pisahkan anak hamster dari induknya
Anak hamster bisa mulai dipisahkan dari induknya setelah berusia sekitar tiga minggu. Sebaiknya, anak hamster jantan dan betina ditempatkan dalam kandang yang berbeda.

9. Masa dewasa
Saat berusia dua bulan, anak hamster sudah bisa mulai dipelihara tersendiri atau dicampur bersama hamster dewasa lainnya.
Sumber: http://www.peliharaan.web.id/2011/10/cara-merawat-anakan-hamster.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar