Selasa, 18 September 2012

Kelinci

Tips Memilih dan Membeli Kelinci yang Baik

Jika anda ingin membeli kelinci maka ada beberapa hal yang mestinya anda perhatikan. Memilih dan membeli kelinci peliharaan tidak boleh sembarangan. Anda harus memiliki cara-cara atau tips dalam memilih dan membeli kelinci yang baik dan berkualitas. Anda sepatutunya mengetahui cara memilih kelinci yang sehat. Berikut adalah beberapa tips atau pedoman untuk memilih kelinci bagi para pemula

1. Usia kelinci minimal 3 bulan
Kelinci yang sudah berumur tiga bulan atau lebih sudah cukup dewasa untuk dipelihara serta daya tahan tubuhnya juga sudah cukup kuat. Jika anda membeli kelinci dengan usia dibawah 3 bulan, resiko kematiannya masih tinggi.

2. Belilah kelinci sesuai dengan kemampuan ekonomi anda

Jika anda ingin membeli kelinci yang berkualitas, jangan terlalu pelit karena biasanya kelinci yang memiliki kualitas yang baik memiliki harga yang tinggi. Tentunya agar anda tidak tertipu dengan harga yang ditawarkan penjual, anda harus berkonsultasi dengan orang yang lebih tahu mengenai harga kelinci di pasaran atau paling tidak carilah di internet mengenai harga kelinci.

3. Periksa keadaan fisik dan kesehatan kelinci

Sebelum anda membeli kelinci, anda tentunya harus memperhatikan keadaan fisiknya agar anda tidak membeli kelinci yang sakit atau cacat. Periksalah kelinci yang akan anda beli dengan teliti. Lihatlah apakah matanya cerah, bulunya rapat, tebal, kuat, serta refleks geraknya bagus. Selain itu periksalah dubur serta kotorannya, jika dubur atau kotorannya basah maka jangan pilih kelinci tersebut.

Untuk lebih detail mengenai ciri-ciri kelinci yang sehat, buka Cici-ciri Kelinci yang Sehat

4. Pilih kelinci yang aktif dan tidak penakut
Perhatikan apakah kelinci tersebut aktif atau tidak. Kelinci yang aktif berarti bahwa organ geraknya berfungsi dengan baik dan ini menunjukkan bahwa ia dirawat dengan baik. Selain itu jangan pilih kelinci yang takut saat didekati manusia karena akan merepotkan saat melakukan perawatan.

5. Perhatikan Penjualnya
Untuk membeli kelinci saya sarankan anda untuk langsung datang ke peternaknya. Dengan demikian anda dapat melihat bagaimana kelinci-kelinci tersebut diperlakukan. Jika peternak yang anda datangi memperlakukan kelinci dengan baik, dalam artian menjaga kebersihan kandang dan memberikan pakan yang sesuai maka tidak ada salahnya jika membeli disana. Namun, jika peternaknya kurang memperhatikan hal-hal tersebut maka lebih baik tidak membeli kelinci dari peternak tersebut. Hal ini juga berlaku untuk penjual di petshop.
Sumber: http://www.peliharaan.web.id/2012/03/tips-memilih-dan-membeli-kelinci-yang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar